MICROSOFT EXCEL
Pengertian
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan
dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini biasa digunakan untuk
menghitung keuangan ataupun mendata supaya lebih mudah.
Cara membuka program ini yaitu sebagai berikut:
Ø Klik start
Ø All program
Ø Pilih Microsoft office
Ø Pilih Microsoft excel
Ø Klik start
Ø All program
Ø Pilih Microsoft office
Ø Pilih Microsoft excel
Pada
ms.excel ada 4 komponen utama yaitu :
- Row heading (kepala garis)
Seluruhnya ada 256 kolom yang
ditandai dengan huruf A,B,C,….Z dilanjutkan AA, AB, AC…AZ, lalu BA, BB…. lalu
CA, CB … begitu seterusnya IV
- Column heading (kepala kolom)
adalah
penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif.sama dengan row heading
yaitu merupakan penunjuk sell.
jumlah baris sebanyak 65.536
baris.. pada excel yang saya punya kalau
tak amati adalah XFD1048576 itu batas antara pojok baris dan kolomnya.
- Cell pointer (penunjuk sell)
adalah
penunjuk sell yang aktif. Sell adalah perpotongan antara kolom dan baris.
Contoh sell A1 berarti perpotongan antara kolom A dan Baris 1.
- Formula bar
adalah
tempat tempat dimana kita mengetikkan rumus yang akan digunakan dalam ms.excel
. PENGETIKAN RUMUS HARUS DIAWALI “=” misalkan kita akan menjumlah nilai yang
terdapat pada sell A1 & B1 maka pada formula bar diketik = A1 & B1
Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah :
1.Title Bar, letaknya paling atas,
berisi judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar ini ditampilkan nama program yang
digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1
2.
Lajur Menu :
berisikan menu-menu Excel seperti
File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help
3.
Standard Toolbar :
berisikan icon-icon standard
Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan,
mencopy dll.
4.
Format Toolbar :
Format Toolbar :
berisikan icon-icon yang mengubah tampilan
format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak
tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%),
menambah atau mengurangi tampilan desimal dll
5.
Lajur Rumus, terdiri atas
dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif ,
sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut.
Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus
juga ditampilkan kosong.
6.
Area lembar kerja (worksheet) :
adalah bidang dimana kita
menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas
beberapa kolom yang ditandai dengan huruf
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
Daftar tombol yang di gunakan untuk
mengerakkan
MENGGUNAKAN FUNGSI
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah
di sediakan oleh ms.excel yang akan membantu dalam proses perhitungan,kita
tinggal memanfatkan sesuai dengan kebutuhan .Pada umumnya penulisan fungsi
harus sesuai dengan argument,baik berupa angka,label,rumus,alamat sell atau
range.Argumenini harus dengan di apit tanda kurung “ ( ) “.
Beberapa fungsi sebagai berikut :
1.
Fungsi AVERAGE (….)
Digunakan
untuk mencari nilai rata rata dari sekumpulan data(Range) .
dimana numb 1,numb 2,dan seterusnya adalah
range data yang akan di cari nilai rata ratanya
2.
Fungsi logika IF (….)
Digunakan jika data yang di masukan
mempunyai kondisi tertentu. Misalnya jika nilai A1=1 , maka hasilnya 2 ,jika
tidak makan hasilnya akan bernilai 0 . biasanya di bantu oleh operator relasi
(pembanding )
3.
Fungsi MAX (….)
Digunakan
untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (Range).
dimana num1,numb2 adalah range data yang
akan di cari nilai terbesarnya
4.
Fungsi MIN (….)
Digunakan untuk
mencari nilai terendah dari sekumpulan data (Range).dimana num1,numb2 adalah range data yang
akan di cari nilai terkecilnya.
5.
Fungsi SUM (….)
Digunakan
untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.dimana num1,numb2 adalah range yang akan
di jumlahkan.
6. Fungsi
LEFT (….)
Digunakan
untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.
7. Fungsi
MID (….)
Digunakan untuk
mengambil karakter pada bagian sebelah tengah dari suatu teks.
8. Fungsi
RIGHT(….)
Digunakan
untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks.
9. Fungsi
HLOOKUP dan VLOOKUP
Di
gunakan untuk membaca suatu tabel secara Vertikal (VLOOKUP).atau Secara
Horizontal (HLOOKUP).Bentuk penulisannya :
10.
Fungsi COUNT(….)
Digunakan
untuk menghitung jumlah data dalam suatu kelompok data.
11.
Fungsi COUNTA(….)
Untuk
menghitung nilai yang ada dalam suatu data.
12.
Fungsi COUNTBLANK(….)
Untuk
menghitung nilai yang kosong dalam suatu data.Penulisannya
13.
Fungsi COUNTIF(….)
Untuk
menghitung jumlah data sesuai dengan criteria tertentu pada sustu kelompok
data.
14.
FUNGSI LARGE
Untuk
menghitung niai terbesar ke –n dari sekelompok data.
15.
FUNGSI SMALL
Untuk
menghitung niai terkecil ke –n dari sekelompok data.
16.
FUNGSI RANK
Untuk
menentukan rangking dari sekelompok data .
17.
AND :
memberikan nilai TRUE jika semua ekspresi yang di gabung bernilai
TRUE ,
18.
OR :
memberi nilai TRUE jika salah satu ekspresi yang di gabung bernilai
TRUE ,
19.
NOT
:member nilai true jeika nilai yang di berikan logika FALSE, dan
sebaliknya. Jadi fingsi NOT membalik hasik nlagika di argument .
v RUMUS
DENGAN ALAMAT RELATIF
1. Alamat
relative berarti alamat sell yang jika di salin menyasuaikan sengan tempat atau
lokasi yang baru. Perhitungan yang di jelaskan pada bagian sebelumnya merupakan
contoh penggunaan dengan alamat relative.
2. Ciri jika
Alamat Relatif adalah ketika rumus di copi ke bawah atau kanan , rumus yang di
copikan mengikuti alamat sell
v RUMUS
DENGAN ALAMAT ABSOLUT
1. Alamat
absolute berarti sell yang kolom dan barisnya terkunci.Alamat ini di tandai
sengan “$” pada posisis kolom dan barisnya
v RUMUS DENGAN ALAMAT RELATIF DAN ABSOLUT
Contoh:
· Perusahaan
ABC membagi biaya perusahaan dalam tiga bagian yaitu gaji, bahan dan alamat.
Gaji di harapkan setiap tahunnya meningkat 8%, bahan meningkat 11%, dan alat
meningkat 5%. Berdasarkan data tahun 2005,perusaahn bermaksud memproyeksikan
sampai tahun 2009 . Ilustrasi masing masing biaya di jelaskan sbb:
a) Gaji
tahun 2006 : 100000+8%*100000=108000
b) Gaji
tahun 2007 : 108000+8%*108000=116640
Jika kita ingin membuat tabel penjumlahan dengan cepat dan benar yaitu dengan cara :
i.
Buat tabel
ii.
Buat angka pada kolom 1-10
iii.
Buat angka pada baris 1-10
iv.
Tuliskan
rumus
v.
Jika sudah klik enter lalu tarik hasilnya sampai ke kolom 10
vi.
Lalu tarik lagi barisnya hingga baris 10
Jika kita
ingin membuat tabel perkalian dengan cepat dan benar yaitu dengan cara :
i.
Buat tabel
ii.
Buat angka pada kolom 1-10
iii.
Buat angka pada baris 1-10
iv.
Tuliskan
rumus
v.
Jika sudah klik enter lalu tarik hasilnya sampai ke kolom 10
vi.
Lalu tarik lagi barisnya hingga baris 10
*SEKIAN
INFO TENTANG MS.EXCEL YANG SAYA SAMPAIKAN SEMOGA BERMANFAAT DAN SILAHKAN DI
COBA :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Beri Komentar Untuk Blogger Ini :)