Pages

Sabtu, 14 September 2013

microsoft excel


MICROSOFT EXCEL


          Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini biasa digunakan untuk menghitung keuangan ataupun mendata supaya lebih mudah.

Cara membuka program ini yaitu sebagai berikut: 
Ø Klik start 
Ø All program 
Ø Pilih Microsoft office 
Ø Pilih Microsoft excel

Pada ms.excel ada 4 komponen utama yaitu :  
  • Row heading (kepala garis)


















adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Dan juga merupakan penunjuk sell
Seluruhnya ada 256 kolom yang ditandai dengan huruf A,B,C,….Z dilanjutkan AA, AB, AC…AZ, lalu BA, BB…. lalu CA, CB … begitu seterusnya IV 
  • Column heading (kepala kolom)
 

adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif.sama dengan row heading yaitu merupakan penunjuk sell.
jumlah baris sebanyak 65.536 baris.. pada excel yang saya punya  kalau tak amati adalah XFD1048576 itu batas antara pojok baris dan kolomnya.
  • Cell pointer (penunjuk sell)
adalah penunjuk sell yang aktif. Sell adalah perpotongan antara kolom dan baris. Contoh sell A1 berarti perpotongan antara kolom A dan Baris 1.


  • Formula bar
adalah tempat tempat dimana kita mengetikkan rumus yang akan digunakan dalam ms.excel . PENGETIKAN RUMUS HARUS DIAWALI “=” misalkan kita akan menjumlah nilai yang terdapat pada sell A1 & B1 maka pada formula bar diketik = A1 & B1


Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah :
1.Title Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar ini ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1


2.    Lajur Menu :

berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help
3.     Standard Toolbar :

berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
4.   
 Format Toolbar :


 berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan desimal dll
5.     Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif , sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong.
6.    Area lembar kerja (worksheet) :




adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
Daftar tombol yang di gunakan untuk mengerakkan
MENGGUNAKAN FUNGSI
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah di sediakan oleh ms.excel yang akan membantu dalam proses perhitungan,kita tinggal memanfatkan sesuai dengan kebutuhan .Pada umumnya penulisan fungsi harus sesuai dengan argument,baik berupa angka,label,rumus,alamat sell atau range.Argumenini harus dengan di apit tanda kurung “ ( ) “.
Beberapa fungsi sebagai berikut :
1.    Fungsi AVERAGE (….)


Digunakan untuk mencari nilai rata rata dari sekumpulan data(Range) .

dimana numb 1,numb 2,dan seterusnya adalah range data yang akan di cari nilai rata ratanya
2.    Fungsi logika IF (….)


Digunakan jika data yang di masukan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya jika nilai A1=1 , maka hasilnya 2 ,jika tidak makan hasilnya akan bernilai 0 . biasanya di bantu oleh operator relasi (pembanding )

3.    Fungsi MAX (….)


Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (Range).
dimana num1,numb2 adalah range data yang akan di cari nilai terbesarnya
4.    Fungsi MIN (….)


Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (Range).dimana num1,numb2 adalah range data yang akan di cari nilai terkecilnya.
5.    Fungsi SUM (….)


Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.dimana num1,numb2 adalah range yang akan di jumlahkan.
6.    Fungsi LEFT (….)


Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.
7.    Fungsi MID (….)


Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah tengah dari suatu teks.

8.    Fungsi RIGHT(….)


Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks.
9.    Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP
Di gunakan untuk membaca suatu tabel secara Vertikal (VLOOKUP).atau Secara Horizontal (HLOOKUP).Bentuk penulisannya :



10.                      Fungsi COUNT(….)


Digunakan untuk menghitung jumlah data dalam suatu kelompok data.
11.                      Fungsi COUNTA(….)


Untuk menghitung nilai yang ada dalam suatu data.
12.                      Fungsi COUNTBLANK(….)


Untuk menghitung nilai yang kosong dalam suatu data.Penulisannya

13.                      Fungsi COUNTIF(….)


Untuk menghitung jumlah data sesuai dengan criteria tertentu pada sustu kelompok data.
 14.                      FUNGSI LARGE


Untuk menghitung niai terbesar ke –n dari sekelompok data.

15.                      FUNGSI SMALL


Untuk menghitung niai terkecil ke –n dari sekelompok data.

16.                      FUNGSI RANK


Untuk menentukan rangking dari sekelompok data .
17.                      AND :
memberikan nilai TRUE jika semua ekspresi yang di gabung bernilai TRUE ,

18.                      OR :
memberi nilai TRUE jika salah satu ekspresi yang di gabung bernilai TRUE ,
19.                      NOT
:member nilai true jeika nilai yang di berikan logika FALSE, dan sebaliknya. Jadi fingsi NOT membalik hasik nlagika di argument .
v RUMUS DENGAN ALAMAT RELATIF
1.    Alamat relative berarti alamat sell yang jika di salin menyasuaikan sengan tempat atau lokasi yang baru. Perhitungan yang di jelaskan pada bagian sebelumnya merupakan contoh penggunaan dengan alamat relative.
2.    Ciri jika Alamat Relatif adalah ketika rumus di copi ke bawah atau kanan , rumus yang di copikan mengikuti alamat sell


v RUMUS DENGAN ALAMAT ABSOLUT
1.    Alamat absolute berarti sell yang kolom dan barisnya terkunci.Alamat ini di tandai sengan “$” pada posisis kolom dan barisnya


v  RUMUS DENGAN ALAMAT RELATIF DAN ABSOLUT
Contoh:
·       Perusahaan ABC membagi biaya perusahaan dalam tiga bagian yaitu gaji, bahan dan alamat. Gaji di harapkan setiap tahunnya meningkat 8%, bahan meningkat 11%, dan alat meningkat 5%. Berdasarkan data tahun 2005,perusaahn bermaksud memproyeksikan sampai tahun 2009 . Ilustrasi masing masing biaya di jelaskan sbb:
a)   Gaji tahun 2006 : 100000+8%*100000=108000
b)  Gaji tahun 2007  : 108000+8%*108000=116640

ADA TAMBAHAN NIH:
Jika kita ingin membuat tabel penjumlahan dengan cepat dan benar yaitu dengan cara :
 i.            Buat tabel
 ii.            Buat angka pada kolom 1-10
 iii.            Buat angka pada baris 1-10
 iv.            Tuliskan rumus
 v.            Jika sudah klik enter lalu tarik hasilnya sampai ke kolom 10
 vi.            Lalu tarik lagi barisnya hingga baris 10
Jika kita ingin membuat tabel perkalian dengan cepat dan benar yaitu dengan cara :
 i.            Buat tabel
 ii.            Buat angka pada kolom 1-10
 iii.            Buat angka pada baris 1-10
 iv.            Tuliskan rumus

 v.            Jika sudah klik enter lalu tarik hasilnya sampai ke kolom 10
 vi.            Lalu tarik lagi barisnya hingga baris 10
*SEKIAN INFO TENTANG MS.EXCEL YANG SAYA SAMPAIKAN SEMOGA BERMANFAAT DAN SILAHKAN DI COBA :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Beri Komentar Untuk Blogger Ini :)